Launching Indonesia Public Policy & Business Development Network

Blog Single

Pada tanggal 9 Juni 2015, diselenggarakan Grand Launching lembaga pemikir kritis (think tank) Indonesia Public Policy & Business Development Network (IP&B). IP&B merupakan lembaga pemerintah, nonprofit dan non-partisan yang memiliki perhatian khusus pada isu kebijakan publik, bisnis, pertahanan, keamanan, reformasi birokrasi dan sebagainya. IP&B didirikan oleh Dr. Happy Bone Zulkarnain, MS.

Pada kesempatan Grand Launching IP&B, juga sekaligus diselenggarakan Diskusi publik dengan tema "Evaluasi Implementasi Reformasi Birokrasi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Indonesia". Tema tersebut dianggap penting untuk dibahas mengingat banyaknya dan mengakarnya masalah dalam birokrasi Indonesia, baik di daerah maupun di pusat. Padahal selain infrastruktur, birokrasi adalah instrumen utama dalam meningkatkan daya saing (competitiveness) suatu negara. Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo ini, masyarakat sangat mengharaokan suatu terobosan mendasar dalam hal Reformasi Birokrasi, yang seringkali dikaitkan dengan Revolusi Mental, baik bagi para birokrat dan masyarakat, serta Nawa Cita sebagai pemerintah.

Masalah-masalah tersebut dibahas secara kritis, objektif dan solutif pada Diskusi Publik Yang dihadiri oleh berbagai unsur, diantaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah pengamat politik dan hukum, akademisi, pemimpin muda, bisnis dan media. Adapun yang menjadi pembicara dalam Diskusi Publik ini adalah Prof.Dr. Yuddy Chrisnandi (Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), H. Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jawa Barat), Bima Arya , MA, PhD (Walikota Bogor), Prof. Asep Warlan (Pengamat Hukum), Drs. Deddy Djamaluddin Malik M.S, (pengamat Politik), Bahlil Lahadalia (Ketua Umum BP HIPMI), Dr. Happy Bone Zulkarnain (Akademisi), dan acara ini dipandu oleh moderator Nurul Arifin