Profil STIKOM Bandung

SEJARAH

Sekolah tinggi llmu komunikasi (STIKOM) Bandung adalah lembaga pendidikan tinggi yang dibentuk oleh lembaga pengkajian penelitian dan pelatihan komunikasi (LP3K) Bandung dengan persatuan wartawan indonesia (PWI) jawa barat dengan di bawah naungan yayasan nurani bangsa, kerjasama kedua lembaga tersebut dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap pendidikan ilmu komunikasi di indonesia yang cenderung lebih banyak memberi bobot pada aspek teoritis dari pada praktis perjalanan 12 tahun telah mengantarkan STIKOM Bandung menjadi salah satu "kiblat" pendidikan komunikasi yang berorientasi praktis di jawa barat,  sebagai pelopor sekolah tinggi ilmu komunikasi pertama di indonesia, dan satu-satunya di jawa barat, kompetensi mahasiswa dan alumnus STIKOM Bandung telah banyak diakui banyak kalangan., terbukti lebih dari 50 perusahaan swasta dan media massa nasional maupun lokal telah merekrut alumnus STIKOM Bandung menjadi sdm yang cukup diandalkan.

STIKOM Bandung meyakini kebutuhan tenaga kerja dalam jasa informasi dan komunikasi semakin meningkat seiring makin pentingnya peranan informasi dan komunikasi di tengah masyarakat. Terlebih bila dikaitkan dengan makin meningkatnya taraf perekonomian masyarakat. Begitu pun indonesia, munculnya industri televisi swasta, radio siaran, media cetak, mendorong tumbuhnya bisnis komunikasi pemasaran (periklanan), production house (PH), dan event organizer (EO). Kebutuhan sdm komunikasi yang memiliki kompetensi tinggin terasa kian penting.

Sekolah tinggi llmu komunikasi (STIKOM) Bandung yang resmi  berdiri berdasarkan sk menteri pendidikan dan kebudayaan nomor: 49/D/O/1998 tanggal 4 juli 1998, kini mengelola program studi strata satu (S1) dan diploma tiga (D3), dengan konsentrasi (jurusan) jurnalistik, kehumasan (public relations), penyiaran dan manajemen komunikasi, dengan status terakreditasi ban pt (No. 028/BAN-PT/AK-XS1/2007).

Kurikulum yang diterapkan STIKOM Bandung bukan hanya bermuatan teoritis melainkan juga diarahkan pada penguasaan aspek keterampilan (vocational) demi memenuhi tuntutan dunia kerja yang semakin kompetitif. Karena itu, STIKOM Bandung berupaya menyiapkan berbagai fasilitas pembelajaran untuk memenuhi tujuan dan arah pendidikan yang ditetapkannya, antara lain: laboratorium komputer aplikasi komunikasi, laboratorium radio siaran, laboratorium komputer grafis, laboratorium televisi, media kampus dan job training di berbagai perusahaan.

VISI

"Terwujudnya sekolah tinggi Ilmu Komunikasi terpercaya di Jawa Barat dengan membentuk praktisi kompeten yang dilandasi kemampuan intelektual dan integritas moral yang tinggi sehingga mampu bersaing di dunia kerja sampai dengan tahun 2017"

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan lulusan komunikasi yang memiliki kompetensi tinggi berbasis teknologi komunikasi, pelayanan optimal dan manajemen sumberdaya yang profesional.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi untuk menjadi agen perubahan sosial melalui pengembangan wacana dan budaya ilmiah. 
  4. Membentuk lulusan yang memiliki integritas moral yang tinggi untuk menunjang kompetensi profesional dan intelektual.

TUJUAN

  1. Meningkatkan infrastruktur pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yg memadai.
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan.
  3. Meningkatkan sarana laboratorium dan sarana penunjang lainnya untuk mengembangkan kemampuan praktis lulusan.
  4. meningkatkan iklim manajemen yang berorientasi pada pelayanan yang efektif dan efisien.
  5. Membangun dan mengembangkan standar mutu akademis dan non akademis sebagai tolok ukur kinerja organisasi.
  6. Meningkatkan program praktikum komunikasi secara kualitatif  dan kuantitatif.

SASARAN

  1. Sivitas Akademika yang menguasai bidang keahliannya, mampu mengaktualisasikan diri, berkomunikasi dan bekerjasama, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Lulusan yang mampu bersaing dan cepat terserap pasar tenaga kerja.